Cara Benar dan Sehat Makan Buah

Jumat, 8 Januari 2010 | 11:21 WIB

KOMPAS.com – Supaya memeroleh manfaat yang maksimal bagi kesehatan, mengonsumsi buah-buahan ada cara dan triknya.  Berikut adalah cara benar dan sehat memakan buah :

Secara umum

– Simpanlah buah-buahan utuh di atas meja, konter, atau di dalam lemari es.
– Dinginkan buah yang dipotong dengan cara menyimpannya dalam lemari es untuk konsumsi kemudian.
– Beli buah-buahan segar pada saat musimnya, di mereka biasanya lebih murah selain rasanya juga rasanya lebih nikmat.
Untuk kandungan nutrisi terbaik

– Buatlah aneka pilihan sebanyak-banyak untuk mengonsumsi buah. Bisa dimakan secara utuh, diblender atau dipotong. Makan buah utuh lebih baik ketimbang meminum sari buah, karena Anda dapat memenuhi kebutuhan serat.
– Sering-seringlah memilih buah-buahan yang lebih banyak mengandung potasium, seperti pisang, melon, prune, aprikot, buah persik kering, dsb.


Konsumsi saat makan

– Saat sarapan, tambahkan buah pisang atau buah persik. Anda dapat mencampurnya dengan sereal atau gandum. Atau Anda dapat menambahkan bluberi pada pancake. Jangan lupa minum 100 persen sari buah jeruk.
– Ketika makan malam, tambahkan buah nanas yang dihancurkan pada salad coleslaw, atau juga menambahkan jeruk mandarin atau buah anggur pada hidangan salad Anda.
– Cobalah untuk mengombinasikan menu makanan daging dengan buah, seperti ayam dengan kuah dari buah aprikot atau mangga.

Untuk cemilan

– Buah dapat dipotong-potong untuk membuat cemilan yang sehat. Anda dapat memotongnya sendiri di rumah, atau membeli buah yang sudah dipotong dan dikemas seperti semangka, melon atau pepaya . Atau cobalah memakan buah anggur atau beri yang segar.
– Buah-buah yang dikeringkan seperti kurma, atau kismis juga dapat dijadikan makanan kecil yang sehat. Mereka mudah untuk dibawa dan disimpan dengan baik. Karena mereka  kering, nilai  ¼ cangkir setara dengan ½ cangkir buah-buahan lain.

Tip untuk konsumsi anak-anak

– Biasakan memberi contoh makan buah yang baik. Ajaklah anak-anak makan buah segar setiap hari-hari baik saat makan atau sebagai cemilan.
– Tawarkan pada anak-anak suatu pilihan dari buah-buahan untuk makan siang mereka.
– Seiring pertambahan usia, ajarkan anak-anak untuk membantu membelikan buah-buahan, membersihkan, menguliti, atau memotong buah-buahan.
– Saat belanja, izinkan dan membiarkan anak-anak untuk memilih suatu jenis buah yang baru untuk mencoba kemudiannya di rumah.
– Hiaslah pinggan-pinggan dengan irisan buah supaya mengundang selera.
– Tambahkan beberapa buah beri pada mangkuk gandum saat mereka sarapan. Atau, buatlah hiasan berbentuk wajah tersenyum dengan irisan pisang dan buah persik untuk matanya, kismis untuk  hidungnya, dan irisan jeruk  untuk  mulutnya.
– Tawarkanlah kismis atau buah kering lain sebagai pengganti permen.