Harumkan Mulut dengan Yogurt

Untuk sementara kesampingkan dulu segala permen mint dan segala produk pengharum mulut  kita. Peneliti dari Jepang menyatakan bakteri yang berada dalam yogurt dapat menahan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Tertarik?

Dalam 6 minggu, 24 sukarelawan  mengkonsumsi 6 ons yogurt bebas gula yang mengandung 2 bakteri, yaitu  streptococcus thermophilus dan lactobacillus bulgaricus. Para ahli mikrobiologi dari Tsurumi University juga melakukan pemeriksaan bau mulut sukarelawan  sebelum dan sesudahnya. Hasilnya, jumlah bakteri dan bau mulut mengalami penurunan hingga 50% pada mereka yang sudah dipastikan mengidap halitosis.

Mengkonsumsi yogurt akan membantu menurunkan jumlah bakteri yang dihasilkan oleh lidah kita, walaupun para peneliti belum begitu yakin bagiamana itu bisa terjadi, jelas Kenichi Hojo, ketua penelitian. Satu teori yang pasti : Ketika kerumunan bakteri sudah menempel di lidah, bakteri “baik” dalam yogurt datang dan membunuh bakteri penyebab bau yang ada di mulut dengan membuatnya merasa tidak nyaman berada di dalam mulut.

Pilihlah yogurt dengan bakteri aktif di dalamnya. Anda tidak suka yogurt plain? Yogurt dengan pemanis buatan juga memiliki khasiat yang sama, ujar Hojo.

(Prevention/Astrid Anastasia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s