Mengakali Hobi Makan ala Bondan Winarno

Selasa, 16/2/2010 | 13:30 WIB

KOMPAS.com – Sebagai pakar kuliner yang kerap diundang untuk icip-icip makanan, Bondan Winarnon pasti sering menikmati makanan yang enak-enak dan “berbahaya”. Artinya, makanan yang berisiko meningkatkan kadar kolesterol, gula darah, atau tekanan darah tinggi. Namun hingga sekarang, Bondan tak pernah terlihat bertambah gemuk. Ia tetap terkesan segar dan enerjik. Bagaimana cara pria yang sudah 10 tahun berkecimpung di dunia kuliner menjaga kesehatannya?

”Saya tidak pernah pantang makanan. Apa yang ada di depan mata, saya pasti makan. Kalau dipikir-pikir, ini tidak boleh, itu tidak boleh, akhirnya kita tidak jadi makan. Tapi saya punya beberapa cara smart, atau etiket dalam mengkonsumsi makanan,” ujarnya pada Kompas Female, usai peluncuran kartu HSBC Advance di Rumah Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Senin (15/2/2010).

Begini tips makan secara smart ala Bondan:

1. Setelah makan makanan berlemak dan bersantan, minum 1 gelas campuran air jeruk nipis dan daun mint. Air jeruk nipis memiliki sifat alkaline atau zat asam yang bisa melunturkan lemak dan juga melancarkan kerja lambung yang berat akibat makanan berlemak.

2. Jika makan seafood, terutama udang, batasi maksimal 8 ekor per hari. Seafood aman dikonsumsi jika jumlahnya tidak berlebih, karena kita tidak setiap hari makan seafood. Jika sudah melampaui jumlah ini akan buruk untuk tubuh.

”Dibandingkan makan kuning telur 1 biji atau sepotong hati, akan lebih baik makan 8 buah udang. Kolesterolnya tidak sampai seperempat dari jumlah satu potong kecil hati ayam, atau setengah butir kuning telur,” papar Bondan.

3. Harus tahu apa yang dimakan. Saat akan menyantap makanan kalengan atau makanan kemasan harus melihat label informasi gizi pada kemasannya. ”Ini yang belum dibiasakan oleh orang Indonesia. Padahal cara ini sangat baik untuk menilai banyaknya kalori yang masuk ke tubuh,” imbuhnya.

4. Mengunyah makanan 30 – 40 kali. Hal ini juga sering diabaikan. Padahal cara ini baik untuk produksi enzim dalam pankreas kita. Enzim ini akan makin banyak diproduksi kalau makanan yang kita kunyah lebih halus. Dengan demikian kita terhindar dari rasa sebah, kembung, atau sakit perut setelah makan.

5. Makan pepaya setiap pagi. Selain memperlancar buang air setiap hari, pepaya juga bagus untuk kelembapan kulit. Kadar gula dalam buah itu juga cukup rendah. Pepaya juga buah yang tidak mengenal musim serta murah harganya.

6. Makan makanan antisoksidan. Misalnya buah sirsak ataupun buah pomegranate (delima).
C2-10

Editor: din

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s